HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

 HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

Dalam lingkungan sekolah terdapat beberapa pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran, salah satunya ialah peserta didik. Peserta didik merupakan seseorang yang sedang berusaha untuk mengembangkan potensi diri mereka baik melalui pendidikan formal ataupun non formal. Ketika kita berbicara mengenai peserta didik maka tidak luput dari kata pendidikan. Dalam proses pendidikan dibutuhkan sebuah kurikulum guna tercapainya tujuan yang diharapkan dari proses tersebut. Lalu sebenarnya apasih yang dimaksud dengan kurikulum?

Kurikulum merupakan pedoman atau acuan utama bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Pada era saat ini, pemerintah Indonesia menetapkan Kurikulum Merdeka sebagai acuan dalam proses pembelajaran, tujuan dari penetapan kurikulum ini salah satunya adalah sebagai sarana untuk mengembangkan karakterisktik peserta didik. Karakteristik seorang siswa berkaitan dengan aspek-aspek atau kualitas yang menyangkut individu tersebut dalam hal minat, sikap, motivasi belajar, kemampuan berpikir, dan kemampuan awal yang dimiliki. Setiap peserta didik pasti memiliki karakteristik yang berbeda beda, hal ini didasarkan darimana karakteristik tersebut terbentuk. Karakteristik dapat terbentuk melalui beberapa aspek diantaranya, faktor gen atau keluarga, interaksi dengan lingkungan sekitar, dan proses pembelajaran yang telah dilalui. Berikut ini macam- macam karakteristik peserta didik yang wajib diketahui seorang guru :
1.Perkembangan kognitif
2.Gaya belajar
3.Motivasi belajar
4.Perkembangan sosio emosional, spriritual, dan moral

Dalam penerapan Kurikulum Merdeka pasti anda sudah tidak asing lagi dengan istilah P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ) tujuan dari penerapan P5 pada Kurikulum Merdeka adalah menciptakan pendidikan yang inovatif dan membentuk karakteristik peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Dan bagaimana sih karakteristik yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila itu? Karakeristik yang sesuai dengan nilai pancasila dalam Kurikulum Merdeka ialah seorang siswa harus mampu menjadi sosok yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis.

Oleh karena itu, dengan penerapan pembelajaran Kurikulum Merdeka seorang siswa diharapkan untuk mampu mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki, pada saat inilah guru memiliki andil yang besar dalam pembentukan karakteristik peserta didiknya, dengan cara :
1.Seorang guru harus mampu menjadi contoh atau teladan yang baik bagi anak didiknya
2.Seorang guru harus mampu memberikan nasihat dan motivasi kepada siswanya
3.Seorang guru tidak hanya berfungsi sebagai penyampai materi di kelas saja, tetapi guru juga harus bisa menjadi inspirasi bagi muridnya
4.Untuk menambah semangat peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakatnya, guru dapat memberikan pengahargaan atau apresiasi kepada muridnya

Jika semua pihak yang terkait mampu bekerja sama dengan baik, maka dapat terwujud karakteristik peserta didik yang unggul dalam spiritual, inovatif, dan kreatif sesuai dengan profil pelajar pancasila pada Kurikulum Merdeka.

Penulis: Nida’ul Nur Jannah (Kader IMM UMS)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *