Market Day Ajarkan Siswa Kembangkan Jiwa Entepreneur

 Market Day Ajarkan Siswa Kembangkan Jiwa Entepreneur

SUKOHARJO – Banyak kegiatan alternatif bagi para siswa di berbagai jenjang pendidikan setelah libur semester salah satunya adalah Market Day. Kegiatan ini berupa belajar menjual berbagai hasil karya siswa utamanya dalam hal kreasi makanan dan minuman.

Market Day mendidik anak mengembangkan jiwa entrepreneur sekaligus penguatan karakter siswa.

Seperti dilakukan SD Muhammadiyah Palur, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut guna mengisi Kegiatan awal semester 2 dan diikuti seluruh siswa kelas I-VI, sejumlah 24 rombongan kelas (rombel).

Dalam kegiatan kali ini dibagi dua hari Rabu – Kamis, 3 – 4 Januari 2024. Pada hari pertama, kelas IV, V dan VI sebagai penjual, kelas I dan II sebagai pembeli, hari kedua I dan II sebagai penjual, IV, V dan VI sebagai pembeli.

Dijelaskan oleh Kepala SD Muhammadiyah Palur, Supadi, kegiatan Market Day diselenggarakan sebagai bentuk perwujudan dan aplikasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Ada nilai religius, kemandirian dan gotong royong. Dari nilai religius, siswa dilatih untuk melakukan nilai-nilai kejujuran dalam proses jual beli sampai dengan laporan perolehan hasil.

Wujud sikap mandiri dan gotong royong, anak-anak diberi kebebasan untuk mempersiapkan lapak, memilih dan menjajakan barang dagangannya. Sekolah hanya memberi rambu-rambu bahwa yang dijual dalam bentuk jajanan makanan dan minuman yang sehat dan tidak mengandung bahan pengawet.

“Market Day ini salah satu program unggulan sekolah, untuk mengenalkan jiwa enterpreneur. Sebagai bekal anak-anak terjun ke masyarakat setelah lulus nanti. Memang sekolah memberikan keleluasaan kepada siswa dalam menyalurkan kreativitas,” jelas Supadi.

Dijelaskan pula dari pemilihan menu makanan dan minuman, serta konsep pemasaran dan manajemen usaha, diserahkan semuanya kepada kelas dan siswa.

Shafiya Nashir salah satu siswa Kelas 4D mengatakan, Market Day sebagai ajang untuk mengasah kemampuan diri bidang kewirausahaan. Kegiatan ini memberi pengalaman kepada kami sebagai siswa.

“Sangat senang dan bisa praktik berjualan yaitu menwarkan dagangan bersama teman-teman, tentunya ini sangat bermanfaat. Pengalaman yang diperoleh dapat dikembangkan lagi saat nanti menempuh pendidikan di sekolah yang lebih tinggi,” ujar Shafiya

Kegiatan berlangsung sangat meriah, ada banyak varian menu makanan dan minuman yang disajikan seperti donat, mie, susu, es teh, es cincau, susu kedelai dan lain sabagainya.

Kontributor, Choerul Anam

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *