Nyanting Batik Bareng Sepanjang 44M Ramaikan Gelaran Expo SD Muhammadiyah Palur

 Nyanting Batik Bareng Sepanjang 44M Ramaikan Gelaran Expo SD Muhammadiyah Palur

SUKOHARJO – (16/12) SD Muhammadiyah Palur sebagai salah satu satuan pendidikan yang melaksanakan implementasi kurikulum Merdeka juga melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Projek P5 pada semester gasal di tahun pelajaran 2023/2024 ini mengusung tema Kearifan Lokal. Setiap tahapan projek telah dilaksanakan oleh siswa siswi sejak bulan Agustus 2023. Bulan desember ini merupakan akhir dari rangkaian pembelajaran semester gasal serta menjadi kesempatan agar gelar karya siswa ditampilkan.

Menyesuaikan tema EXPO yakni Kearifan Lokal Mendunia, SDMP Menggelora, maka dibuatlah acara Nyanting Batik Bareng siswa siswi kelas 1 – 6 beserta orang tua. Menggunakan media kain sepanjang 44 m yang telah digambar berbagai motif batik, sebanyak kurang lebih 1300 peserta menorehkan malam cair menggunakan canting untuk menebalkan sketsa corak motif yang telah disediakan.

Bukan hanya siswa dan orang tua yang antusias mengikuti kegiatan ini,
Bahkan tamu undanganpun juga bersemangat turut serta mencanting menambah pengalaman, bahkan beberapa menyampaikan hal tersebut merupakan pengalaman pertama.

Expo ini bukan hanya Gelar karya bagi siswa untuk memamerkan hasil karya P5 yang telah dibuat kepada khalayak, dalam hal ini warga sekolah dan orang tua, tetapi juga menampilkan hasil kreativitas siswa yang tergabung dalam berbagai ekstrakurikuler yang dimiliki oleh SD Muhammadiyah Palur.

Gelar karya dipamerkan dalam dua bentuk kegiatan, yang pertama yakni tampilan di panggung seperti tarian tradisional, senam kreatif, fashion show, musikalisasi puisi, the story of batik, dan seni tapak suci. Yang kedua yaitu hasil karya yang dipajang di stand yang telah disediakan. Setiap kelas dari kelas 1 sampai 6, maupun ekstrakulikuler membuat serta menghias stand semenarik mungkin sesuai dengan tema yang diusung tiap tingkat kelas. Hasil karya siswa dipajang dan dipamerkan sehingga setiap pengunjung yang hadir dalam acara expo dapat menyaksikan.

Acara EXPO ini dihadiri oleh Asmi Cahyani,S.Sos perwakilan Camat Mojolaban, Drs. Karsidi, M.Pd Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Sukoharjo bag. Pendidikan SD dan SMP, Tin Munawaroh, S.Ag mewakili Pengawas SD Kec. Mojolaban sekaligus Ketua Gugus V Pantai Kartini Mojolaban, Dewangga Saputra Kepala Dusun Palur Kulon sekaligus Ketua Umum Paguyuban Orang Tua Murid SD Muhammadiyah Palur, Suryatno, BA Komite Sekolah, Ketua RW 1 Palur Kulon, Ketua RT 1 RW 1 Palur Kulon, Pengurus Paguyuban Orang Tua SDMP, Wali Murid dan seluruh siswa.

Nur Laili, S.Pd Wakil Kepala Bidang Kurikulum menjelaskan “Dari kegiatan expo gelar karya ini, kita dapat belajar cara berkolaborasi, tolong menolong, membangun komunikasi yang baik, manajemen waktu dan masih banyak lagi. Semoga pelaksanaan P5 lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang,”.

Tak hanya itu Supadi, S.Pd selaku Kepala Sekolah mengungkapkan harapannya dengan diadakannya acara Gelar Karya ini.
“Harapan nya dengan Gelar Karya P5 dapat menumbuhkan karakter murid sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, dengan adanya gelar seni karya akan menumbuhkan jiwa dimana diperlukan kemandirian, kreatifitas, gotong royong dan bagaimana berkomunikasi yang baik,” tuturnya.

Kegiatan berjalan dengan sukses dan penuh antusias karena juga dibuka stand bazar yang dimana stand ini dikoordinir oleh pengurus paguyuban orang tua SD Muhammadiyah Palur yang menjajakan berbagai makanan dan minuman.

Kontributor, Choerul Anam

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *