Siswa SMP Muhammadiyah PK Solo Bagikan Paket Tarhib Ramadhan

 Siswa SMP Muhammadiyah PK Solo Bagikan Paket Tarhib Ramadhan

SOLO-Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta memiliki cara unik sambut bulan Ramadhan 1444 H yang jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Cara unik tersebut adalah para siswa turun ke jalan di perempatan batas kota, Jalan Adi Sumarmo, Banyuanyar, Solo pada Selasa (21/3/2023) untuk berbagi paket tarhib Ramadhan.

Rubiatun Nurush Sholihati selaku Wakasek Al Islam dan Kemuhammadiyahan menyampaikan kegiatan PK Berbagi Tarhib Ramadhan sebagai bentuk ungkapan kegembiraan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H. Paket Tarhib berjumlah 100 paket dan berisi telur asin, roti, wafer, susu, stiker, dan jadwal shalat Ramadhan.

“Alhamdulillah hari ini para siswa kita ajak untuk menyambut Ramadhan dengan berbagi paket tarhib kepada masyarakat sekitar. Paket tersebut untuk mempersiapkan sahur saat berpuasa dan mengingatkan kepada kaum muslimin bahwa besok Kamis sudah berpuasa,” jelasnya.

Rubiatun Nurush menambahkan kegiatan PK Berbagi rutin dilaksanakan setiap tahun di tempat yang berbeda. Sebelumnya PK Berbagi dilaksanakan di Manahan, kali ini di perempatan batas kota, Banyuanyar, Solo.

Selain itu, terdapat pula berbagai rangkaian kegiatan menyambut Ramadhan di sekolah. Kegiatan perlombaan tersebut antara lain perlombaan dalam rangka menyambut Ramadhan digelar Kamis, 16 Maret 2023.

Cabang perlombaan meliputi lomba azan, cerpen religi, kultum, poster Ramadhan, Murottal Al Quran, LCC Al Quran, dan Mading Ramadhan. Perserta perlombaan siswa-siswi kelas 7, 8, dan 9 SMP Muhammadiyah PK.

Sebagai pembekalan ilmu fiqih Ramadhan, sekolah mengadakan kegiatan pengajian tarhib Ramadhan bertema Fikih Ramadhan dan Amalan Bulan Ramadhan pada Jum’at 17 Maret 2023. Pembicara pengajian tersebut adalah Ustaz Furqon Hasbi, Lc. M.A. Kegiatan dilanjutkan dengan tasmi (menyimak hafalan) online melalui youtube PK TV.

Sementara itu, Alifia Putri Noveria, siswa SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta merasa senang mengikuti kegiatan berbagi dalam rangka menyambut Ramadhan.

“Kegiatan ini bagus untuk mengajak kepada masyarakat muslim untuk berpuasa agar meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama,” ungkapnya.

Alifia Putri Noveria bersama teman-teman memberikan paket tarhib Ramadhan kepada pengendara baik motor maupun mobil saat rambu-rambu lalu lintas menyala merah. Para siswa berjalan menuju para pengendara tersebut selagi kendaraan berhenti. Terlihat pengendara motor menerima paket tarhib dari para siswa. Kegiatan pembagian paket tarhib ini didampingi dan diawasi oleh Ustaz-Ustazah pendamping.

Salah satu penerima paket tarhib adalah Mbah Surahmin (82) petugas parkir. Mbah Surahmin merasa senang menerima paket dari siswa SMP Muhammadiyah PK. Ia pun mengucapkan terima kasih dan bertekad akan melaksanakan puasa di bulan Ramadhan tahun ini meski pekerjaannya berat. []

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *