Layaknya Chef di TV, Siswa Kelas 6 SD Muh Bekonang Juga Terampil Memasak

 Layaknya Chef di TV, Siswa Kelas 6 SD Muh Bekonang Juga Terampil Memasak

SUKOHARJO-Siswa kelas 6 SD Muhammadiyah Bekonang melakukan kegiatan memasak dalam rangka untuk pengambilan nilai ujian praktik matapelajaran SBDP, Rabu (15/03/2023). Dalam kegiatan tersebut siswa kelas 6 berhasil menyajikan berbagai menu makanan yang sangat enak.

Seperti tahun lalu, ujian praktek memasak dimulai pukul 07.00 WIB bertempat di halaman gedung timur SD Muhammadiyah Bekonang dan dua ruang kelas yang berada di lantai satu. Setiap kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, selanjutnya setiap siswa diberi tugas untuk membawa peralatan memasak, peralatan makan, dan bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak.

Setiap kelompok dibebaskan untuk membuat menu makanan yang mereka inginkan namun tetap memperhatikan konsep  4 sehat 5 sempurna.

Dalam ujian praktik ini dilakukan penilaian oleh tim penilai yang terdiri dari tiga guru yaitu Warsiatun, S. Pdi, Sunarti, S. Pd. SD, Attsisah Zahrotul M, S. Ag. Kriteria penilaian dalam ujian praktik ini adalah kekompakan kelompok, rasa, dan tampilan makanan.

Semua siswa yang mengikuti ujian praktik memasak tampak antusias dengan tugas yang sudah dibagi dalam kelompoknya.

Meskipun begitu siswa yang tidak terbiasa memasak kelihatan canggung ketika harus mengiris wortel dan bawang merah.  Masing-masing  guru kelas tampak dengan sabar dan hati-hati membimbing satu persatu kelompok yang ada dibantu dengan guru lainnya.

Syukurnya setiap siswa melakukan tugasnya dengan  baik. Berbagai menu makanan menarik yang berhasil dihidangkan siswa diantaranya soto betawi, ayam goreng lamongan, ayam teriyaki, ayam geprek, bakso, sop galantin, sop iga, dan nasi goreng.

Yang menarik lagi Setelah dilakukan penilaian, seluruh dewan guru dan karyawan SDMB dipersilahkan untuk menikmati hidangan hasil dari kreasi anak didik.

Dari beberapa guru dan karyawan yang menikmati masakan hasil kreasi anak, hampir semua berkomentar positif, semua masakan yang dihidangkan rasanya lezat dan layak untuk dihidangkan. Ini menunjukkan anak-anak SDMB selain pintar dalam hal akademik juga pinter dalam hal ketrampilan yaitu pinter memasak.

Thoriqul Mustaqim, S. Pd. Selaku Kepala Sekolah SDMB mengapresiasi kegiatan ujian praktik siswa dalam pengembangan ketrampilan dan berharap kegiatan tetap dilaksanakan setiap tahunnya.

“Jika memungkinkan ketrampilan memasak tidak hanya dilaksanakan saat ujian kelas VI saja. Untuk kedepannya keterampilan memasak juga bisa dilaksanakan di kelas IV dan kelas V, sehingga muncul koki-koki kecil yang pinter memasak dari SDM Bekonang,”ungkapnya.

Sehingga selain bekal ilmu akademik anak-anak juga dibekali ilmu ketrampilan memasak yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. []

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *