Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS Beri Pelatihan kepada Pelaku UMKM

 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS Beri Pelatihan kepada Pelaku UMKM

SUKOHARJO-Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)  Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memberikan pelatihan kepada warga Muhammadiyah pelaku UMKM di Kecamatan Kartasura.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang tidak hanya berfokus pada pengajaran dan penelitian namun juga pengabdian kepada masyarakat (PKM).

Diikuti oleh 10 peserta pelaku usaha UMKM yang merupakan warga Muhammadiyah di wilayah Kecamatan Kartasura, peserta diberikaN materi pengenalan teknologi google.bisnisku untuk mengembangkan UMKM dimasa yang akan datang.

Meningkatkan  usaha setelah pandemi covid , pengetahuan tentang dasar teori akuntansi, pelatihan pencatatan pembukuan secara sederhana,  menyusun laporan keuangan yang baik sehingga bisa mengajukan pendanaan di lembaga keuangan, pengenalan aplikasi Finansial Teknologi (Fintech) berbasis Android serta pelatihan penggunaan aplikasi “Catatan Warungku UMKM”.

Bertempat di gedung Kantor Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kartasura pada hari Kamis (16/3/2023) tim Pengabdian Kepada Masyarkat yang terlibat antara lain Ihsan cahyo utomo, S.Kom., M.Kom, Kusuma Wijayanto SE, ME dan Muhammad Randhy Kurniawan, SE. M.B.A. yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS.

Dalam keterangannya koordinator tim PKM Randy Kurniawan mengatakan Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan penerapan ilmu pada masyarakat.

“Sebagai akademisi pada kesempatan ini kami menerapkan ilmu kami agar bisa bermanfaat untuk masyarakat dengan bidang ekonomi dan IT. Kami memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM di lingkungan Muhammadiyah Kartasura dengan harapan pelatihan ini dapat mendukung untuk kemajuan UMKM. Semoga bermanfaat dan bisa mendukung usaha masing-masing terutama penggunaan aplikasi Finansial Teknologi berbasis Android,” kata Randy Kurniawan.

Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan, seperti salahnya Lukman menyambut baik kegiatan pelatihan yang diikutinya karena menambah pengetahuannya terkait  laporan keuangan dan pembukuan.

Saya sangat senang mengikuti pelatihan ini, semoga dapat dipelajari dan bisa diterapkan dalam bidang usaha saya,” ujar pelaku usaha konveksi dan sablon ini. []

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *