Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat, Bupati Tebar Benih Ikan di Desa Juron

 Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat, Bupati Tebar Benih Ikan di Desa Juron

SUKOHARJO-Bupati Sukoharjo, Etik suryani menebar benih ikan di Desa Juron, Kecamatan Nguter, Sabtu (11/3/2023). Kegiatan tersebut merupakan bakti sosial (baksos) Kagama Cabang Sukoharjo. Selain menebar benih ikan, sekaligus digelar kegiatan pelatihan olah ikan.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa sektor perikanan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk perekonomian daerah, karena sektor perikanan berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk konsumsi masyarakat, ikan hias, rekreasi, pemancingan, penyedia lapangan kerja, serta sumber pendapatan masyarakat.

“Penebaran benih ikan merupakan salah satu cara budidaya ikan, sehingga menjadi sumber alternatif penyediaan ikan. Penebaran benih ikan dalam rangka menjaga ekosistem dan ketersediaan pangan ikan bagi masyarakat sebagai upaya mencukupi kebutuhan protein dan peningkatan konsumsi ikan,” ujarnya.

“Angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo masih rendah, untuk itu perlu adanya upaya-upaya peningkatan produksi ikan maupun animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan,” sambung Bupati.

Bupati melanjutkan, selama ini berbagai kebijakan telah dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan pelaku usaha perikanan di Kabupaten Sukoharjo. Antara lain pemberian bantuan sarana dan prasarana perikanan, fasilitasi akses permodalan, pelatihan, inovasi dan teknologi bagi pelaku usaha perikanan.

Dalam rangka turut ambil bagian dalam program nasional pada bidang pelestarian lingkungan khususnya ekosistem perairan, ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, Kagama Cabang Sukoharjo mengadakan Bakti Sosial berupa penebaran benih ikan dan Pelatihan olahan hasil perikanan yang dilaksanakan di Desa Juron.

“Melalui kegiatan ini dapat pula mendorong peningkatan angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo serta dapat mendorong masyarakat Kabupaten Sukoharjo untuk lebih gemar makan ikan,” tambahnya. []

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *