MPK PDM Solo Gelar Baitul Arqam Tiga Cabang Muhammadiyah

 MPK PDM Solo Gelar Baitul Arqam Tiga Cabang Muhammadiyah

SOLO-Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MPK PDM) Kota Surakarta Gelar kegiatan Baitul Arqam untuk tiga Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) pada Sabtu–Minggu (11-12/11/2023) di SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta. Kegiatan tersebut diikuti 70 peserta dari PCM Kottabarat, Banjarsari, dan Solo Utara.

K.H. Ahmad Sukidi, S.Ag., M.Pd. selaku Ketua Majelis Pendidikan Kader (MPK) PDM Kota Surakarta menjelaskan sesuai dengan tema yang diusung yakni terwujudnya kader yang berintegritas, profesional, dan mencerahkan, kami ingin meneguhkan kader-kader yang akan meneruskan perjuangan Muhammadiyah dan menggerakkan dakwah Islam melalui Muhammadiyah.

“Alhamdulillah pada hari ini MPK PDM Kota Surakarta mengadakan Baitul Arqam yang berlangsung di SMP Muhammadiyah PK Kottabarat. Diikuti tiga cabang yakni PCM Banjarsari, Kottabarat, dan Solo Utara. Terdapat 70 peserta dari tiga cabang yang sudah diserahkan kepada Master of Training (MOT) untuk mengikuti kegiatan selama 24 jam,” ungkapnya.

Ahmad Sukidi pun berharap melalui kegiatan ini akan terbentuk kader-kader yang akan meneruskan perjuangan Muhammadiyah dan menggerakkan dakwah Islam melalui Muhammadiyah.

“Apresiasi kepada Ketua PCM dan SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta yang telah memberikan pelayanan yang luar biasa. Gurunya ramah-ramah dan sekolahnya rapi bersih sehingga menjadi ikon sekolah-sekolah Muhammadiyah,” tandasnya.

Pembukaan kegiatan Baitul Arqam dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Ketua PDM Kota Surakarta, K.H. Drs. Subari serta dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta dan Ketua PCM Kottabarat, Banjarsari, dan Solo Utara.

Dalam sambutannya, K.H. Drs. Subari berharap kegiatan baitul arqam ini mampu semakin meneguhkan dan memantapkan kader-kader Muhammadiyah menjadi kader yang handal.

“Baitul Arqam sebagai pembekalan dalam meneguhkan pimpinan, pengurus, dan anggota agar lebih bermuhammadiyah dan memahami tentang asas serta tujuan dari Muhammadiyah sehingga terbentuk kader-kader yang handal untuk kelangsungan kehidupan organisasi Muhammadiyah ke depan,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu peserta Baitul Arqam dari PCM Kottabarat, Dedy Siswaka, mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. Ia pun mengapresiasi SMP Muhammadiyah PK sebagai tuan rumah yang sudah melayani kebutuhan peserta dengan baik.

“Semoga kegiatan ini mampu menghasilkan kader kader yang terbaik,” harapnya.

Materi Baitul Arqam meliputi pemahaman agama, ideologi Muhammadiyah, dan gerakan dakwah Muhammadiyah. Materi Pemahaman Agama menurut Muhammadiyah disampaikan oleh K.H. Drs. Subari.

Materi Nilai Perjuangan Tokoh Muhammadiyah  oleh K.H. Drs. Marpuji Ali, M.SI. Materi Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam, Dakwah dan Tajdid oleh Drs. H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum. Adapun materi profil kader Muhammadiyah oleh K.H. Ahmad Sukidi, S.Ag., M.Pd.

Kegiatan diawali dengan pretes dan diakhiri dengan postest. Terdapat pula kegiatan sarasehan PCM dan PRM untuk merevitalisasi cabang dan ranting sebagai strategi gerakan dakwah yang berkemajuan. []

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *