Piala Dunia U-20, Indonesia Diminta Tolak Keikutsertaan Timnas Israel

 Piala Dunia U-20, Indonesia Diminta Tolak Keikutsertaan Timnas Israel

SOLO-Aliansi Solo Raya (Ansor) pada Selasa siang 7 maret 2023 menggelar aksi unjuk rasa di DPRD Solo. Dalam aksinya itu, mereka meminta Presiden Jokowi untuk menolak tim nasional israel yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Sambil membentangkan spanduk, mereka menyatakan sikap untuk menolak tim nasional israel yang akan berlaga di Piala Dunia U-20, dimana Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi tersebut.

Koordinator aksi, Endro Sudarsono mengatakan bahwa aksi yang dilakukan ini adalah untuk menyampaikan surat kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Puan Maharani selaku Ketua DPR RI.

“Kami mengirimkan surat kepada Pak Presiden Jokowi, dan Mbak Puan Maharani selaku Ketua DPR RI lewat DPRD Solo. Pada intinya kami menolak delegasi Israel main di Piala Dunia U-20, dengan pertimbangan Israel adalah penjajah, dengan konstitusi Indonesia melakukan perlawanan penjajahan di manapun,” kata Endro saat ditemui di DPRD Solo, Selasa (7/3/2023).

Surat yang disampaikan tersebut berisikan surat penolakan tim nasional israel yang rencananya akan berlaga di ajang Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Menananggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Solo, Sugeng Riyanto menjelaskan bahwa pihaknya akan melanjutkan apa yang menjadi diminta oleh para pengunjuk rasa, yakni menyampaikan surat kepada Presiden RI Joko Widodo dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Saya percaya dan yakin, pemerintah masih memiliki sikap yang sama dengan Presiden pertama RI Soekarno, menolak keras terhadap penjajahan, dan Israel bagian itu. Konsekuensinya adalah menolak Israel di perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia,” kata Sugeng.

Pemerintah maupun PSSI, sambung Sugeng, harus berkomunikasi dengan FIFA terkait hal tersebut. Alasannya, karena hal tersebut mengacu pada konstitusi.

“Dari UUD 1945 sudah mengamanahkan seperti itu. Tinggal teknis saja, tapi sikap tegas kita juga harus ditunjukkan,” ujarnya.

Sugeng memprediksi jika timnas Israel U-20 tetap berlaga di Indonesia, akan ada dua hal yang terjadi. Yang pertama pemerintah akan berhadapan dengan rakyat sendiri, karena banyaknya yang menolak Israel. Kedua, akan menjadikan delegitimasi bagi pemerintahan sekarang.

Sugeng menegaskan bahwa setelah ini pihaknya memastikan bahwa surat tersebut akan segera dikirim kepada Presiden dan Ketua DPR RI, seperti apa yang diminta oleh para pengunjuk rasa tersebut. []

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *