Berikut 5 Keutamaan Menghafal Al Quran

 Berikut 5 Keutamaan Menghafal Al Quran

SOLO-SD Muhammadiyah Palur menggelar kembali wisuda tahfidz angkatan ke 8 sejumlah 115 Siswa siswi dengan kriteria juz 30, 29, 28 dan 3 di UNS Inn, Sabtu, 4 Maret 2023.

Dalam kegiatan tersebut hadir Ustadz Syamsyudin Ashrori Al Hafidz  memberikan tausyiah tentang keutamaan atau Fadhilah Al Quran bagi para penghafal dan keluarga para penghafal Quran.

Sebelum menjelaskan 5 keutamaan menghafalkan Al Quran Ustadz Syamsyudin mengingatkan kepada para mustami’ akan peringatan Allah dalam Al Quran Surah Thoha ayat 124 – 127.

“Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa barangsiapa yang berpaling dari peringatan Allah maka bagi mereka kehidupan yang sempit, dan Allah akan kumpulkan mereka pada hari kiamat dalam keadaan buta. Hal ini disebabkan karena ketika datang kepada mereka ayat ayat Allah, mereka abai. Bahkan melampaui batas dan tidak percaya dengan ayat ayat Allah,”ujarnya, Sabtu (4/3/2023).

Fadhilah Al Quran itu tidak hanya dirasakan di akhirat tetapi juga dapat langsung dirasakan di dunia.

Sebagai satu contoh ketika sebuah keluarga disibukkan dengan Al Quran, hari- harinya dihabiskan untuk berlelah-lelah belajar, menghafalkan, dan mengamalkannya maka Allah luaskan rezekinya, Allah mudahkan segala urusannya.

“Namun sebaliknya ketika selama hidup di dunia hanya disibukkan dengan urusan dunia maka cepat atau lambat kehidupan pun terasa sempit, urusan yang morat marit, tubuh dirundung penyakit hingga mendidik anakpun begitu sulit,”ungkapnya.

Ustadz Syamsyudin menceritakan kisah nyata dari salah seorang teman lulusan doktoral Jerman, ternyata sebagai seorang anak ia tak menyempatkan diri untuk belajar ilmu agama, hingga suatu ketika saat orang tuanya meninggal Ia tak bisa mengurus sendiri jenazah orang tuanya, bahkan saat menjadi Imam Sholat Jenazah Ia tak tahu tuntutannya.

Apa yang didapat dari orang tuanya yang telah bekerja berlelah-lelah untuk biaya hidup dan sekolah anaknya?

Pengasuh Ponpes BMQ ini mengurai hadist Nabi Muhammad SAW tetang keutamaan Al Quran yang akan dirasakan oleh para orang tua yang senantiasa berjuang mendorong putra putrinya untuk senantiasa berdekat dekat belajar, penghafal dan mengamalkan Al Quran.

Pertama, dipakaikan mahkota pada orang tua nya di hari kiamat, yang cahayanya lebih terang dari pada cahaya matahari,”katanya.

Kedua, anak penghafal Quran akan mampu memberi syafaat kepada 10 anggota keluarganya saat hari kiamat hingga dimasukkan ke dalam surga Allah Ta’ala.

Ketiga, anak yang pandai membaca Al Quran namun tidak mampu menghafalkannya dengan baik, maka malaikat Allah akan mengawalnya masuk surga.

Adapun jika kita mendapati anak anak kita terbata bata dalam belajar membaca Al Quran maka pahala atasnya 2 kali lipat yaitu satu dari membacanya dan satu lagi dari kesungguhannya dalam mempelajarinya.

Keempat,  Al Quran Mubarakan, Al Quran menjadi sumber kebaikan. Dengan membaca Al Quran maka setiap hurufnya mendapatkan 10 kebaikkan di luar bulan Ramadhan namun Allah melipatgandakan kebaikan itu hingga 100 – 700 kali lipat jika dilakukan di bulan  Ramadhan.

“Dan terakhir Ahlul Quran adalah Ahli Allah. Ahli Quran adalah mereka yang selalu menyibukkan diri mereka dengan Al Quran. Menjadi kehormatan tertinggi ketika kita mampu meraih derajat Ahlullah (keluarganya Allah),”tuturnya. []

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *