Muktamar Balikpapan, Pemuda Muhammadiyah Sukoharjo Usulkan Penggunaan Sistem E-Voting Plus

 Muktamar Balikpapan, Pemuda Muhammadiyah Sukoharjo Usulkan Penggunaan Sistem E-Voting Plus

SUKOHARJO-Pemuda Muhammadiyah Sukoharjo berencana memberikan gagasan atau ide tentang sistem E-Voting Plus yang digunakan untuk pelaksanaan pemilihan (pemungutan suara) di acara Muktamar PP Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan 2023.

Menurut pencetusnya, E-Voting Plus ini hampir sama dengan program E Voting yang kemarin dipakai saat Muktamar Muhamamdiyah di Solo namun yang membedakan di sini adalah dengan penambahan cetak kertas setelah melakukan input data.

“Kalau sistem Muktamar Muhammadiyah kemarin itu penyimpanan datanya adalah di server, hal ini mempengaruhi sistem kerahasiaan karena setiap peserta memilih datanya langsung tersimpan sehingga admin disitu bisa mengetahui,”ujar Zaenal Mutaqin Pengurus PD Muhammadiyah Sukoharjo dan juga penggagas sistem E-Voting Plus, Senin (20/2/2023).

Dalam cetakan tersebut juga disertakan barcode yang berfungsi untuk memudahkan memasukkan data. Selain itu juga disertakan kode unik agar tidak terjadi scan double.

“Kalau sudah discan tidak bisa diulang lagi, jadi surat suaranya hanya 1 kali,”tambahnya.

Teknisnya setelah peserta melakukan pemilihan maka surat suara yang sudah dicetak tersebut langsung discan dan datanya langsung muncul di monitor yang bisa dilihat oleh para saksi. Jika ada yang mengusulkan penghitungan manual ini juga bisa dilakukan.

Melalui sistem seperti ini Mutaqin berkeyakinan dengan jumlah pemilih 1000 an itu proses perhitungan kurang lebih 1 jam.

“Sistem E-voting Plus ini sendiri sudah pernah dilakukan saat Musyda PD PM Sukoharjo beberapa tahun yang lalu,”ungkapnya.

Dengan adanya sistem ini Mutaqin berencana akan mengusulkan pada panitia pelaksana Muktamar PP Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan agar bisa digunakan. []

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *