Bijak Menggunakan Gadget Sejak Dini

 Bijak Menggunakan Gadget Sejak Dini

JAKARTA— Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga (KPRK) MUI menggelar Workshop dengan mengangkat tema “Bijak Menggunakan Gadget Sejak Dini di Era Digital” di Gedung MUI, Jakarta, Senin (13/2/2024). Acara ini dibuka Ketua MUI Bidang PRK, Prof Amany Lubis.

Dalam sambutannya, Prof Amany mengatakan tema ini penting bukan hanya untuk orang tua dan guru melainkan juga untuk masyarakat secara umum.

Hal ini kata dia, karena kita dengan saling dukung maka bisa melaksakan kegiatan pembelajaran dengan bijak, kegiatan ekonomi dan silaturahim kita menggunakan fasilitas dunia maya dengan bijak.

“Semua yang negatif harus dihilangkan,” kata Prof Amani yang juga Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Dia memberikan contoh seperti unsur-unsur menipu, memanipulasi, unsur gosip, dan unsur hoaks.

Prof Amany meningatkan hal itu semua harus dihindari, banyak yang tidak bijak menggunakan gadget sehingga merugikan orang lain sehingga kalau tidak bijak menggunakan gadget maka masyarakat, anggota keluarga kita akan percaya dengan berita hoax yang beredar.

“Jadi sejak dini memang diajak anak-anak semua untuk menggunakan gadget seperlunya,” tutur dia.

Pada data statistik, penggunaan gadget untuk belajar hanya beberapa persen, diharapkan anak yang belum masuk usia belajar disajikan film mendidik.

“Melihat statistik tentang penggunaan gadget hanya beberapa persen saja untuk belajar, sebelum usia belajar dikasih film-film yang mendidik,” kata dia.

Prof Amany menegaskan, intinya pengawasan yang penting agar gadget digunakan secara bijak. Dirinya mengajak umat Islam semua bisa mengawasi anggota keluarga.

Dia mengingatkan, Allah SWT tidak akan rela dengan orang-orang yang membicaraan orang lain baik itu aibnya ataupun tentang hal-hal pribadi dengan tanpa tujuan.

“Kalaupun mau memuji juga harus dengan tujuan untuk ada yang lebih mulia yakni menjadi uswatun hasannah atau teladan yang baik, MUI sangat peduli dengan adanya kesadaran masyarakat menggunakan gadget,”paparnya.

Prof Amany membeberkan, banyak sekali manfaat dari dunia maya yang bisa digunakan menambah wawasan agama, untuk menebalkan iman, dan menambah tingkat ketakwaan kepada Alla SWT. “Maka waktu-waktu kita setiap harinya bisa diginakan dengan baik,” kata dia.

“Allah akan murka kepada orang-orang yang memberitakan, yang menceritakan tentang orang lain tanpa tujuan yang baik,” jelasnya.

Dia berharap, melalui Workshop ini bisa disusun bagaimana pedoman menggunakan gadget dengan bijak. Ini untuk merumuskan bagaimana bisa membatasi, menasihati, dan juga mengantisipasi bahaya yang akan terjadi baik jangka pendek dan jangka panjang terkait hal-hal dalam menggunakan gadget.

“Mari kita hadapi tekgnologi tinggi ini dengan bijak bersama-sama supaya bisa betul-betul kita mencapai Indonesia emas di 2045, di sini kita persiapkan generasi muda anak kita, cucu kita serta seruluruh bangsa Indonesia untuk menjadi tangguh,” ujar dia. []

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *