Kokam dan MDMC Evakuasi Pohon Tumbang Akibat Puting Beliung di Mojolaban & Polokarto

 Kokam dan MDMC Evakuasi Pohon Tumbang Akibat Puting Beliung di Mojolaban & Polokarto

SUKOHARJO-Kokam dan MDMC bersama tim SAR lain ikut mengevakuasi pohon tumbang akibat puting beliung di Kecamatan Mojolaban & Polokarto, Sabtu (21/1/2023). 

“Ada 21 personel yang diterjunkan terdiri dari Kokam 11 dan MDMC 10. Sedangkan peralatan yang dibawa diantaranya adalah chain saw, genset, lampu belor serta satu unit  mobil rescue,”ujar Mulyadi Sangkerta, Wakil dari Kokam Blimbing, Ahad (22/1/2023).

Dari informasi yang didapatkan, dua orang meninggal dunia akibat tertimpa pohon tumbang saat peristiwa hujan deras disertai angin kencang yang melanda sejumlah desa di kecamatan Mojolaban. 

Korban pertama Saminem (58) warga Dusun Ganggasan RT 003/RW 006, Desa Demakan, Mojolaban. Kemudian satu korban lain yakni Sastro Suyatno (70) warga Dusun Tempel RT 004/RW 010, Desa Joho, Kecamatan Mojolaban, Sastro Suyatno tertimpa pohon saat tengah mengayuh sepedanya pulang dari sawah.

Kedua petani tersebut tertimpa pohon tumbang di sepanjang jalan Perumahan Edelweis di Desa Joho, Kecamatan Mojolaban, pada Sabtu sore saat hujan angina sekitar pukul 15.30 WIB.

Selain itu, sejumlah rumah juga mengalami kerusakan di bagian atap akibat tertimpa pohon maupun terkena angin kencang.

Sejumlah relawan pun bergerak melakukan evakuasi pohon yang tumbang di Desa Demakan, khususnya di Jalan Raya Palur. 

Camat Mojolaban, Joko Windarto mengatakan, Pohon tumbang di sepanjang jalan Bekonang-Palur juga menimpa sebuah truk berplat nomor AG 9117 YH. Truk yang dikemudikan Agus Prasetyawan, 27, asal Sumbergayam RT 007/RW 004 Durenan, Trenggalek, Jawa Timur, rusak di bagian depan. beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

“Hujan deras disertai angin kencang juga mengakibatkan pohon tumbang di sepanjang jalan Desa Wirun menuju Desa Tegalmade sebanyak 10 buah. Selain itu, genteng dan atap beberapa rumah warga di Dusun Gendengan, Desa Wirun, Mojolaban juga rusak,” ungkapnya.

Hujan deras dan angin kencang juga mengakibatkan warung makan soto sawah di Jalan Veteran Perang Kemerdekaan, Desa Joho roboh. Setidaknya sekitar 15 orang karyawan serta konsumen mengalami luka ringan. 

Tak hanya itu, rumah makan Semesta di Jalan Veteran Perang Kemerdekaan, Triyagan ikut roboh karena disapu angin. Kendati demikian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ditempat itu.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Sukoharjo bersama para personel PLN, tim SAR, PMI serta TNI dan Polri dibantu warga melakukan evakuasi pohon tumbang agar jalan segera bisa dilalui. []

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *