MUI Gelar Musyawarah Kerja Nasional II, Fokus 3 Agenda

 MUI Gelar Musyawarah Kerja Nasional II, Fokus 3 Agenda

JAKARTA-Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) II Tahun 2022 dengan menyoroti tiga agenda utama.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia, Prof. Utang Ranuwijaya dalam pembukaan MUKERNAS II yang diselenggarakan di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Diungkapkan Prof Utang, ada tiga agenda yang akan difokuskan dibahas dalam forum Mukernas. Pertama, keorganisasian MUI. Kedua, kegiatan prioritas Komisi Badan dan Lembaga MUI tahun 2023.
“Ketiga, rekomendasi MUI untuk kemaslahatan umat, kemajuan bangsa, dan kedaulatan negara,” katanya.

Forum yang berlangsung pada 8 – 11 Desember 2022 ini, dalam mencapai tiga kesepakatannya, Prof. Utang menyatakan akan dibahas dan disepakati melalui rapat pleno, rapat komisi, serta rapat sub komisi.

“Selain itu, akan dilaksanakan pula tukar pikiran mengenai ekonomi syariah. Oleh karenanya, kami mengundang segenap pimpinan lembaga yang memiliki otoritas di bidang tersebut,” tutur Prof Utang yang juga merupakan Ketua MUI Bidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan.

Lebih lanjut, menurut dia, terdapat agenda penting lain dalam Mukernas II MUI, yaitu penandatanganan nota kesepahaman antara Dewan Pimpinan MUI dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) guna meningkatkan kolaborasi dan kerja sama.

Dalam kegiatan ini turut hadir Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, Wakil Menteri Agama RI. Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, serta 246 peserta yang terdiri dari Dewan pimpinan MUI, Dewan Pertimbangan MUI, Perwakilan Dewan Pimpinan MUI seluruh Indonesia, dan unsur ormas Islam.

“Saya ucapkan terima kasih kepada panitia, tamu undangan, dan peserta yang telah hadir. Semoga, Mukernas kali ini dapat menghasilkan rekomendasi yang maslahat bagi umat,” pungkasnya. []

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *